3. ASURANSI TKI

Published Juli 11, 2012 by ANA BUDI WINATA

3. Asuransi TKI

Menghadapi masalah hukum, pemulangan TKI bermasalah, hilangnya akal budi, resiko dipindahkan ke tempat kerja lain, sesuai dengan klaim asuransi yang diperjanjikan. Untuk melakukan klaim asuransi, anda atau ahli waris atau kuasanya mengajukan klaim selambat – lambatnya dalam waktu 12 bulan setelah terjadinya resiko yang dipertanggungkan dan harus mengajukan klaim, miliki dokumen pendukung KPA, Identitas diri seperti Paspor/KTP, Surat Keterangan Ahli Waris, Surat Keterangan dari Rumah Sakit, Surat Keterangan Kepolisian dan sebagainya sebagai pendukung.

4. Pengiriman Uang.
TKI sebaiknya mengirim uang ke keluarganya melalui Bank di Malaysia dengan cara mentransfer ke rekeningnya/atas nama sendiri di Indonesia.

5. Komunikasi dengan Keluarga.
Komunikasi dengan keluarga hendaknya selalu dilakukan oleh TKI sehingga keluarga tidak merasa kuatir, cemas. Komunikasi dapat dilakukan melalui telepon umum atau ponsel. Sebaiknya TKI membeli kartu telepon atau kartu ponsel nomor Malaysia yang dapat digunakan untuk sambungan luar negeri. Jangan menggunakan telepon perusahaan untuk keperluan pribadi kecuali dalam keadaan darurat atas ijin perusahaan. Komunikasi melalui surat juga dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya di dekat lokasi perumahan ada kantor pos atau mobil pos.

6. Bahaya Narkoba dan HIV – AIDS.
Sebagai TKI akan bertemu dengan banyak orang yang belum dikenal dan mungkin berbahaya bagi anda. Mereka mungkin saja memanfaatkan anda dalam melancarkan bisnis narkoba atau diajak berhubungan seks bebas yang berakibat menderita sakit yang mematikan (HIV – AIDS)

(halaman : 12)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: